Tips Menggambar yang Baik

Menggambar dalam bahasa inggris berarti drawing yang artinya  adalah kegiatan kegiatan membentuk imaji, dengan menggunakan banyak pilihan teknik dan alat. Bisa pula berarti membuat tanda-tanda tertentu di atas permukaan dengan mengolah goresan dari alat gambar .

Menggambar adalah salah satu karya seni yang terbilang susah menurut saya , kenapa saya bilang begitu karna memang membutuhkan imajinasi yang tinggi dan kesabaran , dan bakat juga mempengaruhinya.

Lain hal nya jika memang sudah turunan pandai menggambar , entah dari keluarga dia membuat gambar pun rasanya mudah sekali keliatanya dan akan terliat pas  , diluar itu semua ternyata menggambar juga bisa kita pelajari ilmunya .

  • Eksplorasi bentuk dan sudut pandang dengan proporsi seimbang

Manfaatkan berbagai bentuk dan sudut pandang agar pemandang fokus melihat ke gambar. Proporsi objek juga harus seimbang agar menghasilkan komposisi gambar yang enak dilihat.

  • Less is more

Jangan takut untuk mengurangi elemen dari gambarmu. Mungkin saja elemen tersebut tidak berguna dan malah membuat karyamu terlihat terlalu rame, kacau, dan terlalu memusingkan untuk dilihat.

  • Persiapan matang

Walaupun ide datang tiba-tiba, namun kamu juga perlu mempersiapkan diri dengan mempelajari tema yang dikehendaki dan mempelajari skill yang diperlukan dalam membuat karya. Tentukan hasil akhir karya yang diinginkan (misal dengan membuat sketch terlebih dahulu) sehingga hasil tidak melenceng dari rencana awal.

  • Pilih warna yang sesuai

Pilih palet warna yang akan dipakai dan sesuaikan dengan mood dari karya yang diinginkan.Carilah referensi kombinasi warna yang baik di google.

  • Sentuhan akhir

Pastikan bahwa hasil akhir tidak melenceng dari rencana awal. Jangan sampai karena kreativitas yang berlebih, karya menjadi melampaui batas dan tidak sesuai keinginan.

  • Ukuran besar

Lebih baik membuat karya dalam ukuran yang lebih besar agar jika karya hendak dicetak dalam media yang lebih besar, kamu tidak perlu stretch gambar sehingga menjadi pecah.

  • Lihat dari sudut pandang berbeda

Setelah karyamu jadi, coba lihat dari sudut pandang yang berbeda dengan diputar atau dilihat secara terbalik untuk mengecek apakah komposisi, warna, dan visual secara keseluruhan telah sesuai baik dari perspektif yang berbeda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s